Pada saat ini, fashion sangat digemari semua kalangan remaja maupun kalangan orang dewasa. Namun, tahukah kamu asal mula fashion yang berawal sudah sejak berabad-abad lalu? Fashion nyatanya sudah digemari oleh manusia sejak berabad-abad dahulu. Dimulai dengan adanya pakaian-pakaian yang terbuat dari kulit hewan maupun dari kulit kayu. Sangat berbeda dengan sekarang, jika zaman dahulu orang-orang mengenal fashion hanyalah kalangan atas atau kalangan keluarga kerajaan, namun sekarang semua orang sudah bisa melakukan dan menggemari fashion yang disukainya.

Biasanya, fashion akan berkembang kian zaman ke zaman dikarenakan fashion memang kerap kali digunakan untuk kepentingan bersama atau pun kepentingan pirbadi, contohnya ialah foto yang dilakukan oleh semua teman kelas atau bts, ataupun hanya sekadar berfoto-foto ria untuk di upload ke sosial media mu. Bukan hanya kaum perempuan yang menyukai fashion, nyatanya kaum laki-laki pun ikut menyukai fashion serta trend terbaru dan terkini agar tidak tertinggal zaman. Fashion merupakan kebiasaan manusia yang sangat lazim dilakukan dan juga sangat dibiasakan oleh manusia dari zaman ke zaman. Namun, tahukah kamu sejarah-sejarah tentang adanya fashion? Ingin tahu selengkapnya? Yuk baca artikel berikut ini!

Sejarah adanya fashion

Fashion pada zaman dahulu biasanya digunakan hanya untuk kaum perempuan untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Pada saat itu, manusia sudah mengenal kain serta menciptakan sebuah baju yang layak untuk melindungi tubuh mereka dari cuaca yang ekstrim. Pada saat itu, masyarakat negara Eropa dan negara Amerika ialah masyarakat yang sangat memperhatikan serta peduli terhadap perkembangan fashion yang terjadi di masanya saat itu. Mereka sangat berantusias terhadap kemajuan bidang dalam fashion atau tentang pakaian. Pada awal mulanya, pakaian sangat digandrungi untuk kaum perempuan yang akan menarik lawan jenisnya agar menyukainya, namun seiring perkembangan zaman yang terjadi nyatanya kaum laki-laki juga menyukai fashion yang sedang berkembang pesat pada saat itu. Pada abad XV yang terjadi, citra seorang keibuan akan menjadi sebuah tolok ukur dalam kecantikan, sehingga fashion yang sedang berkembang pada saat itu ialah pakaian gaun yang memiliki kain secara bertumpuk-tumpuk, dengan memiliki garis bulat yang melingkari tubuh serta menekankan perhatian utama untuk dada serta perut wanita, dan memiliki warna-warna didalam gaun yang terang dan kuat.

Namun, pada abad ke XIX saat itu fashion telah berkembang dengan sangat pesat, dimana sebuah pakaian gaun memiliki kain yang bertumpuk-tumpuk ditinggalkan lalu, pada saat itu para wanita akan dikatakan cantik jika memiliki sebuah pendirian yang rapuh. Maka pada abad XIX, wanita akan dikatakan cantik jika wanita tersebut sangat rapuh. Dengan memiliki kain yang sangat mudah rusak serta memiliki pakaian yang mempunyai warna-warna yang pucat akan dianggap sebagai wanita rapuh yang cantik. Ditambah lagi pada saat itu belahan dada wanita yang sangat rendah sehingga wanita kerap kali mengalami flu apabila terserang musim dingin dikarenakan bajunya yang mudah rapuh.

Definisi sebuah tren fashion

Definisi fashion sendiri ialah berupa mode pakaian ataupun perhiasan-perhiasan yang sedang populer pada saat itu. Istilah fashion sendiri ialah berupa arti kata yang positif, sebagai sebuah sinonim untuk glamour. Trend fashion ataupun musim fashion sebagian besar didorong ataupun terdorong oleh adanya perancang-perancang busana yang mampu mengeluarkan ide-ide terbarunya dalam membuat sebuah pakaian yang dihasilkannya. Hingga kini, banyak sekali designer-designer ternama yang telah meluangkan ide-ide nya didalam suatu pakaian sehingga menjadi brand-brand yang ternama dan terkenal. Para designer biasanya selalu up to date tentang kekinian yang berlangsung, sehingga para designer dapat berharap bahwa pakaian produksinya akan disukai oleh semua kalangan dan digemari semua kalangan. Selain itu, para designner dalam membuat pakaian produksinya akan menggunakan seluruh ide-ide serta seluruh kemampuannya agar dapat menciptakan pakaian terbaiknya dan berharap menjadi trend fashion dunia.

Titik awal adanya fashion di Indonesia

Perkembangan trend fashion di Indonesia sendiri disebabkan oleh masuknya budaya asing ke Indonesia. Salah satunya ialah budaya eropa, budaya asia, serta budaya korea yang belakangan ini sedang trend dan digemari oleh semua kalangan di Indonesia. Namun, akhir-akhir ini juga telah berkembangnya kebaya yang sangat digandrungi oleh semua kalangan masyarakat terutama wanita. Kebaya merupakan salah satu baju tradisional khas Indonesia yang melambangkan perjuangan keibuan serta memiliki simbol yang lemha lembut, namun karena perkembangan fashion di Indonesia sangat pesat sehingga banyaknya designer-designer ternama yang merubah bentuk kebaya menjadi lebih modern dan memiliki warna-warna lebih soft dari biasanya. Kebaya digunakan bisa berupa dress maupun atasan dan bawahan yang menggunakan kain songket. Namun biasanya, para wanita akan lebih memilih memakai kebaya berupa dress karena dianggap praktis serta cepat.

Nah, itu dia beberapa ulasan-ulasan tentang sejarah perkembangan fashion yang makin pesat dari masa ke masa. Semoga artikel ini bermanfaat!